Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

UNIT KERJA DAN PEJABAT

11,899

Berikut adalah profil pejabat dan unit kerja di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA 

 Budi Gunadi Sadikin 

Bapak Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik  Negara I sejak November 2019.

Berkiprah sebagai Wakil Menteri yang membidangi BUMN Kesehatan dan Farmasi, beliau terlibat aktif dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dengan membuka jaringan internasional dan mengerahkan sumberdaya dalam negeri untuk pengadaan alat PCR test, vaksin COVID beserta sistem pelaksanaan dan distribusi vaksin, dan juga pengadaan obat penyembuhan (therapeutic) COVID-19. Beliau juga berperan aktif dalam penanganan COVID-19 dengan memonitor dan mengelola 70 rumah sakit BUMN.

Budi Gunadi Sadikin memulai kariernya pada tahun 1988 sebagai Information Technology Officer di Kantor Pusat IBM Asia-Pasifik di Tokyo, Jepang, dan selanjutnya  bergabung dengan PT Bank Bali Tbk. hingga tahun 1999. Berikutnya beliau menjabat sebagai Director of Consumer and Commercial Banking untuk ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia. Beliau juga sempat bergabung dengan PT Bank Danamon Tbk. dan Adira Quantum Multi Finance.

Tahun 2006, beliau menjabat sebagai Direktur Micro dan Retail Banking Bank Mandiri. Setelah menyelesaikan jabatannya di Bank Mandiri, beliau menjabat sebagai Senior Advisor Menteri Badan Usaha Milik Negara dari tahun 2016 sampai dengan 2017. Selanjutnya beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) (Persero) dari September 2017 sampai dengan November 2019.

 

WAKIL MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

Dante Saksono Harbuwono.

Pria kelahiran Temanggung ini dilantik menjadi Wakil Menteri Kesehatan RI pada tanggal 23 Desember 2020. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Klaster Diabetik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana sejak tahun 2018.

Dante Saksono Harbuwono menjabat sebagai Ketua Divisi Metabolik Endokrin pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada tahun 2017-2020, selanjutnya menjabat sebagai Koordinator Divisi Pengembangan Bisnis FKUI tahun 2013-2014. Beliau ditunjuk sebagai Anggota Panel Ahli Dokter Kepresidenan sejak tahun 2014 sampai saat ini. Sejak tahun 2017 sampai saat ini, beliau juga menjabat sebagai Kepala Klaster Metabolic Disorder, Cardiovascular and Aging IMERI FKUI.

Beliau merupakan lulusan S-3 dari University of Yamanashi Jepang tahun 2008. Gelar dokter spesialis penyakit dalam diraih dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

 

SEKRETARIS JENDERAL

Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Pria kelahiran Solo ini dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan pada tanggal 9 Agustus 2021. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan pada tahun 2020, dan Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara DJA Kementerian Keuangan tahun 2014. Beliau menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, meraih gelar Master of Art in Macroeconomics dari University of Boston, Amerika Serikat, dan meraih gelar Ph.D. in Public Finance dari University of Canberra, Australia.

 

INSPEKTUR JENDERAL

Murti Utami

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan pada tanggal 1 Februari 2019. Peraih gelar Master of Public Health dari Southern Cross University of Australia ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian tahun 2016, Kepala Pusat Komunikasi Publik Setjen tahun 2011 dan Kepala Biro Umum Setjen tahun 2009. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun

 

 

DIREKTUR JENDERAL PELAYANAN KESEHATAN

Azhar Jaya.

Pria kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan pada tanggal 8 Desember 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada tanggal 19 Agustus 2020. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Ketergantungan Obat pada tahun 2018. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, serta meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia. Penghargaan yang terakhir diterima: Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

 

DIREKTUR JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT

Maria Endang Sumiwi.

Perempuan kelahiran Merauke ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat pada tanggal 4 Maret 2022. Beliau adalah lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Gajah Mada dan meraih gelar Master of Science in Public Health dari Universitas Umea, Swedia ini sebelumnya aktif di berbagai lembaga nasional dan international seperti Eijkman Institute, Medecins Sans Frontieres, WHO dan Unicef.

 

 

DIREKTUR JENDERAL KEFARMASIAN DAN ALAT KESEHATAN

Lucia Rizka Andalusia.

 

Perempuan kelahiran Surabaya ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan tanggal 15 Desember 2021. Lulusan Farmasi dan Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia ini sebelumnya menjabat sebagai Apoteker di Rumah Sakit Kanker Dharmais sejak tahun 2017, dan Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan sejak tahun 2012.

 

 

DIREKTUR JENDERAL PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

Maxi Rein Rondonuwu.

Pria kelahiran Mundung ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tanggal 15 Desember 2021. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sejak Juni 2021, dan Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan sejak tahun 2018. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado dan meraih gelar Doctor of Health Service Management dari Australia, serta gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Sam Ratulangi Manado. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bhakti Karya Husada Dwi Windu 16 Tahun.

 

KEPALA BADAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KESEHATAN

Syarifah Liza Munira.

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan pada tanggal 8 Desember 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, serta Research Fellow, Health Economics di Australian National University. Gelar Doctor of Philosophy diraih dari Australian National University, dan gelar Magister diraih dari National University of Singapore.

 

 

DIREKTUR JENDERAL TENAGA KESEHATAN

Arianti Anaya

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan tanggal 15 Desember 2021. Sebelumnya, peraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia ini menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan sejak tahun 2018, Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga tahun 2016, serta Direktur Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan tahun 2012. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

 

 

STAF AHLI BIDANG TEKNOLOGI KESEHATAN

Setiaji

Sebelum menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan pada 15 Desember 2021, beliau menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2019. Pria kelahiran Jakarta ini merupakan lulusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma dan meraih gelar Master of Science bidang Administrasi Keuangan Daerah dari Universitas Indonesia.

 

 

 

 

STAF AHLI BIDANG HUKUM KESEHATAN

Sundoyo

Pria kelahiran Pati ini dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan tanggal 8 Desember 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Organisasi dan Sumber Daya Manusia sejak tanggal 10 Februari 2022. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Hukum dan Organisasi sejak tahun 2017, Bagian Peraturan Perundang-undangan I, Biro Hukum dan Organisasi tahun 2016, Kepala Bagian Peraturan Perundang-undangan, Biro Hukum dan Organisasi tahun 2013. Beliau merupakan lulusan S3 Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Islam Sultan Agung, serta meraih gelar Magister Asuransi Kesehatan diraih beliau dari Universitas Indonesia dan Magister Ilmu Hukum dari Universitas Gadjah Mada.

STAF AHLI BIDANG POLITIK DAN GLOBALISASI KESEHATAN

Kirana Pritasari

Perempuan kelahiran Yogyakarta ini dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Politik dan Globalisasi Kesehatan tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan dan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat. Gelar Magister diraih dari University Of Newcastle, Australia. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

STAF AHLI BIDANG EKONOMI KESEHATAN

M. Subuh

Sebelum menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan pada 19 Februari 2018, beliau pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tahun 2016. Pria kelahiran Pontianak ini pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan tahun 2014 dan Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung tahun 2010 serta pada tahun 2013 menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Ditjen PPPL. Gelar S2 Public Policy diraih dari School of Policy, Planning and Development, University of Southern California (USC), Amerika Serikat. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

=================================================================

Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran

Liendha Andajani.

Sebelum diangkat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran, perempuan kelahiran Madiun ini menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Anggaran Bidang Kesehatan, Direktorat Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan RI tahun 2016. Beliau lulusan S1 Akuntansi Universitas Indonesia dan meraih gelar S2 Administrasi Publik dari Universitas Indonesia.

Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara

Bayu Teja Muliawan.

Pria kelahiran Jakarta ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran sejak tahun 2016. Beliau dilantik sebagai Kepala Biro Keuangan dan BMN pada tanggal 11 Oktober 2021. Peraih gelar Apoteker dari University Sains Malaysia dan lulusan S2 Manajemen Keuangan Universitas Mercu Buana ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian pada tahun 2013-2016, serta Direktur Bina Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan tahun 2012. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Kepala Biro Hukum

Indah Febrianti.

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Kepala Biro Hukum pada tanggal 14 April 2022. Beliau pernah menjabat sebagai Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Madya tahun 2020, Kepala Bagian Peraturan Perundang-Undangan II tahun 2020, serta Kepala Sub Bagian Peraturan Bidang Kesmas dan P2P pada Biro Hukum dan Organisasi tahun 2016. Gelar Sarjana Hukum diraihnya dari Universitas Lampung dan gelar Magister dari Universitas Gadjah Mada. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 10 Tahun.

Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

SUNDOYO

 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Siti Nadia Tarmizi

Sebelum menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik pada tanggal 2 September 2022, perempuan kelahiran Palembang ini menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat tahun 2022, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung tahun 2020, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik tahun 2018. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan meraih Magister Epidemiologi. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa

Zulvia Dwi Kurnaini.

Perempuan kelahiran Magetan lulusan S.1 Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Brawijaya Malang dan peraih gelar Magister Ekonomi di The University Of Western Australia sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya di Kementerian Keuangan RI tahun 2019 dan Kepala Bidang Kebijakan Subsidi di Kementerian Keuangan RI tahun 2017. Beliau dilantik sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa tanggal 14 April 2022.

Kepala Biro Umum

Sumarjaya.

Peraih gelar Doktor Manajemen Keuangan dari Universitas Persada Indonesia YAI ini sebelumnya menjadi Kepala Bidang Perancangan Sistem dan Strategi Kesehatan pada Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan tahun 2022, dan Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol pada Biro Umum tahun 2020. Pria kelahiran Muko-muko ini dilantik sebagai Kepala Biro Umum pada tanggal 14 April 2022. Penghargaan terakhir yang diterima: Bakti Karya Husada Tri Windu (24 Tahun).

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi

Tiomaida Seviana Hasmidawati Hasugian.

Perempuan kelahiran Pontianak ini menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi sejak tanggal 2 September 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Beliau lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung dan meraih gelar Magister Administrasi Publik dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung.

Kepala Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan

Indri Yogyaswari.

Perempuan kelahiran Surakarta ini dilantik sebagai Kepala Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan pada tanggal 2 September 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Analis Anggaran Ahli Madya pada Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Gelar Dokter Umum diraihnya dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan

Eka Jusup Singka.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Pusat Krisis Kesehatan tanggal 4 Juni 2021, pria kelahiran Jakarta ini menjabat sebagai Kepala Pusat Kesehatan Haji tahun 2017, Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji, Pusat Kesehatan Haji tahun 2016 dan Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Fungsional Kesehatan, Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur tahun 2013. Beliau merupakan lulusan S2 dari University of York England, dan meraih gelar Doktor bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Sekolah Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kepala Pusat Kesehatan Haji

Liliek Marhaendro Susilo.

Sebelum dilantik sebagai Kepala Pusat Kesehatan Haji pada tanggal 2 September 2022, pria kelahiran Kudus ini menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Barang Milik Negara, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta sejak tahun 2018. Beliau lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan meraih gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWIJA. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Kesehatan

Trisa Wahjuni Putri.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Kesehatan pada tanggal 10 Februari 2022, perempuan kelahiran Tanjung Pinang ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya dan meraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia Depok. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

=================================================================

Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Azhar Jaya.

Pria kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada tanggal 19 Agustus 2020. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Ketergantungan Obat dari tahun 2018. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, serta meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia. Penghargaan yang terakhir diterima: Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan

Yuli Astuti Saripawan.

Perempuan kelahiran Ketapang ini dilantik sebagai Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan pada tanggal 29 Desember 2022. Lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada dan peraih gelar Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Gadjah Mada ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso.

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer

Yanti Herman.

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Pelayanan Kesehatan Primer pada tanggal 14 April 2022, setelah sebelumnya menjabat sebagai Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Madya pada Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran dan Fakultas Hukum Universitas Langlangbuana, serta meraih gelar Magister Hukum Kesehatan dari Universitas Katolik Soegijapranta.

Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan

Sunarto.

Pria kelahiran Medan ini merupakan lulusan Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Sebelum dilantik sebagai Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan pada tanggal 2 September 2022, beliau menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya pada Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Satyalancana Karya Satya 10 Tahun.

Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Aswan Usman.

Pria kelahiran Ujung Pandang ini dilantik sebagai Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan pada tanggal 2 September 2022. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dan peraih gelar Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Gadjah Mada ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Makassar sejak tahun 2018. Penghargaan terakhir yang diterima Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 tahun).

Direktur Mutu Pelayanan Kesehatan

Kalsum Komaryani.

Perempuan kelahiran Cirebon dilantik sebagai Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan pada tanggal 11 Oktober 2021. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan peraih gelar Master of Public Management di University of Southern California ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan sejak tahun 2016. Penghargaan terakhir yang diterima Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 tahun).

================================================================

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Yudhi Pramono.

Pria kelahiran Surabaya ini dilantik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada tanggal 2 September 2022. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok sejak tahun 2020. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Respati Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Eva Susanti.

Perempuan kelahiran Pelawan ini dilantik sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular tanggal 2 September 2022. Beliau merupakan lulusan S.1 Keperawatan, S.2 Ilmu Kedokteran Dasar, dan S.3 Ilmu Kedokteran dari Universitas Padjajaran.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung

Imran Pambudi.

Sebelum dilantik sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada tanggal 2 September 2022, pria kelahiran Surabaya ini menjabat sebagai Epidemiolog Kesehatan Ahli Madya pada Direktorat Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan meraih gelar Magister dari Mahidol University Thailand.

Direktur Pengelolaan Imunisasi

Prima Yosephine Berliana Yumiur Hutapea.

Perempuan kelahiran Medan ini dilantik sebagai Direktur Pengelolaan Imunisasi tanggal 29 Desember 2022. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan dan peraih gelar Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia ini sebelumnya menjabat sebagai Epidemiolog Kesehatan Ahli Madya pada Direktorat Pengelolaan Imunisasi.

Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan

Achmad Farchanny Tri Adryanto.

Pria kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan pada tanggal 2 September 2022. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam sejak tahun 2018. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas YARSI dan meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia. Penghargaan yang terakhir diterima: Bakti Karya Husada Dwi Windu (16 tahun).

Direktur Penyehatan Lingkungan

Anas Ma'ruf.

Pria kelahiran Pemalang, dr. Anas Ma’ruf, MKM dilantik menjadi Direktur Penyehatan Lingkungan tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan sejak tahun 2020, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno Hatta sejak tahun 2017. Sebelumnya tahun 2016 sampai dengan 2017 beliau menjabat sebagai Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam. Beliau merupakan lulusan kedokteran Universitas Gadjah Mada dan meraih gelar Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia.

=================================================================

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia

Kartini Rustandi.

Perempuan kelahiran Bandung ini sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat sejak tahun 2020, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga sejak tahun 2016. Peraih gelar Magister Kesehatan dari Universitas Indonesia ini dilantik sebagai Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia pada tanggal 10 Februari 2022. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Direktur Kesehatan Jiwa

R. Vensya Sitohang.

Sebelum dilantik sebagai Direktur Kesehatan Jiwa pada tanggal 10 Februari 2020, beliau menjabat sebagai Direktur Kesehatan Lingkungan psejak tahun 2020, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan tahun 2018. Perempuan kelahiran Pangkal Pinang ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara dan meraih gelar Magister Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Penghargaan terakhir diterima adalah Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat

Mayang Sari.

Perempuan kelahiran Bandung ini dilantik sebagai Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat pada tanggal 14 April 2022. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Perencana Ahli Madya pada Sekretariat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat tahun 2020 dan Kepala Bagian Program dan Informasi, Sekretariat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat tahun 2018. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia.

=================================================================

Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan

Dita Novianti Sugandi Argadiredja.

Perempuan kelahiran Rangkasbitung ini dilantik sebagai Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Pelayanan Kefarmasian sejak tahun 2018, Kepala Subdirektorat Obat dan Pangan, Direktorat Produksi dan Distribusi Kefarmasian tahun 2018, dan Kepala Sub Direktorat Kemandirian Obat dan Bahan Baku Sediaan Farmasi, Direktorat Produksi dan Distribusi Kefarmasian tahun 2016. Beliau merupakan lulusan S1 Farmasi dan Apoteker Universitas Padjajaran Bandung, serta meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Padjajaran Bandung. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan

Roy Himawan.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan pada tanggal 2 September 2022, pria kelahiran Jakarta ini menjabat sebagai Analis Anggaran Ahli Madya pada Sekretariat Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan. Beliau meraih gelar Apoteker dari Universitas Gadjah Mada dan Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia. Penghargaan terakhir yang diterima: Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun.

Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian

Agusdini Banun Saptaningsih.

Perempuan kelahiran Jakarta ini mendapatkan gelar Sarjana Farmasi dan Apoteker dari Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, serta meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Sebelum menjabat sebagai Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian beliau menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alkes dan sebelumnya sebagai Apoteker Madya di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 10 Tahun.

Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian

Dina Sintia Pamela.

Sebelum dilantik menjadi Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian pada tanggal 14 April 2022, perempuan kelahiran Brebes ini pernah menjabat sebagai Administrator Kesehatan Ahli Madya pada Direktorat Pelayanan Kefarmasian tahun 2020 dan Kepala Subdirektorat Manajemen dan Klinikal Farmasi, Direktorat Pelayanan Kefarmasian tahun 2017. Beliau merupakan lulusan S.1 Farmasi dan Apoteker dari Institut Teknologi Bandung, dan S.2 Kefarmasian dari Universitas Indonesia. Penghargaan yang terakhir diterima: Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan

Sodikin Sadek.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan tanggal 10 Februari 2022, pria kelahiran Kuta Raja ini menjabat sebagai Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga sejak 2021. Beliau merupakan lulusan S1 Teknik Elektro Universitas Indonesia Depok dan meraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Penghargaan terakhir yang diterima: Bakti Karya Husada Dwi Windu.

Direktur Pengawasan Alat Kesehatan

Eka Purnamasari.

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Pengawasan Alat Kesehatan pada tanggal 2 September 2022. Beliau meraih gelar Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia.

=================================================================

Inspektur I

Heru Susanto.

Pria kelahiran Singaraja ini dilantik sebagai Inspektur I pada tanggal 29 Desember 2022. Sebelum menjabat sebagai Inspektur I, beliau menjabat sebagai Auditor Ahli Madya pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Inspektur II

Hendro Santoso.

Pria kelahiran Cianjur ini dilantik sebagai Inspektur II pada tanggal 29 Desember 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Auditor Ahli Madya pada Sekretariat Inspektorat Jenderal. Beliau meraih gelar Sarjana Keperawatan dari Universitas Indonesia dan gelar Magister Keperawatan Komunitas dari Universitas Indonesia. Penghargaan terakhir yang diterima: Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

Inspektur III

RR Dhian Probhoyekti.

Perempuan kelahiran Malang ini dilantik sebagai Inspektur III pada tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Gizi Masyarakat sejak tahun 2019, Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat sejak tahun 2016. Beliau meraih gelar Magister Gizi Kesehatan Masyarakat dari The University of Leeds Inggris dan gelar Doktor dari Universitas Indonesia. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bakti Karya Husada Tri Windu (24 Tahun).

Inspektur IV

Valentinus Rudy Hartono.

Pria kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Inspektur IV pada tanggal 2 September 2022. Beliau meraih gelar Sarjana Akuntansi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta dan Universitas Indonesia, serta meraih gelar Magister Akuntansi Pemerintahan dari Universitas Indonesia.

Inspektur Investigasi

Albertus Yudha Poerwadi.

Sebelum dilantik menjadi Inspektur Investigasi pada tanggal 20 November 2020, pria kelahiran Indramayu ini menjabat sebagai Inspektur IV sejak tahun 2017. Beliau merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara dan meraih gelar Magister bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan dari Universitas Syah Kuala. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

=================================================================

Sekretaris Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan

Nana Mulyana.

Sebelum dilantik sebagai Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada tanggal 12 Januari 2018, pria kelahiran Subang, lulusan S2 dan S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan pada tanggal 18 Januari 2016. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Advokasi dan Kemitraan, Pusat Promosi Kesehatan. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

Kepala Pusat Kebijakan Upaya Kesehatan

Pretty Multihartina.

Perempuan kelahiran Magetan, peraih gelar Doktor Biologi ini dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Upaya Kesehatan pada tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan. Beliau pernah pula menjabat sebagai Kepala Pusat Analisis Determinan Kesehatan, serta Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Balitbangkes tahun 2013.

Kepala Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan

I Gede Made Wirabrata.

Pria kelahiran Jakarta ini menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan sejak 10 Februari 2022. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga tahun 2018, dan Direktur Sumber Daya Manusia dan Pendidikan tahun 2016. Beliau meraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia, Magister Manajemen dari STIE Kalbe, dan lulusan S.3 Ekonomi dari STIE.

Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan

Yuli Farianti.

Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan pada tanggal 14 April 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan tahun 2020 dan Kepala Bidang Jaminan Kesehatan Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan tahun 2016. Beliau meraih gelar Dokter dari Universitas Yarsi dan Magister Epidemiologi dari Universitas Indonesia.

Kepala Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan

Bonanza Perwira Taihitu.

Sebelum dilantik sebagai Kepala Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan pada tanggal 14 April 2022, pria kelahiran Jakarta ini menjabat sebagai Koordinator Fungsi Politik II Untuk Kerjasama Kesehatan, HAM dan Kemanusiaan, Kementerian Luar Negeri. Beliau merupakan lulusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga dan meraih gelar Magister Ilmu Politik dari Universitas Indonesia.

=================================================================

Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan

Sugianto.

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan pada tanggal 10 Februari 2022, pria kelahiran Cirebon ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Humaniora dan Manajemen Kesehatan, serta Kepala Balai Penelitian Gangguan Akibat Kekurangan Iodium. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, dan meraih gelar Magister of Public Health dari Griffith University Australia. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bakti Karya Husada Tri Windu (24 tahun).

Direktur Perencanaan Tenaga Kesehatan

Sugiyanto.

Pria kelahiran Kulon Progo ini dilantik sebagai Direktur Perencanaan Tenaga Kesehatan pada tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan sejak tahun 2017, Direktur Poltekkes Semarang sejak tahun 2013. Beliau merupakan lulusan Teknik Radiologi dan S2 Keteknisian Medis dari Universitas Royal Melbourne Institute of Technology Australia. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bakti Karya Husada Tri Windu (24 tahun).

Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan

Oos Fatimah Rosyati.

Perempuan kelahiran Bandung ini dilantik sebagai Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan pada tanggal 10 Februari 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan sejak tahun 2020, Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan tahun 2018, Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan tahun 2016. Beliau meraih gelar Sarjana dalam Ilmu Biologi dari Institut Teknologi Bandung dan meraih gelar Magister dalam bidang Kedokteran Dasar dari Universitas Padjadjaran Bandung. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan

Anna Kurniati.

Perempuan kelahiran Lamongan ini dilantik sebagai Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan pada tanggal 2 September 2022. Sebelumnya, peraih gelar Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Leeds University dan gelar Ph.D dari National Cheng Kung University ini menduduki jabatan sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya pada Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan. Penghargaan yang terakhir diterima: Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).

Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan

Doddy Izwardy

Sebelum dilantik menjadi Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan pada tanggal 10 Februari 2022, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat sejak tahun 2019, Direktur Gizi Masyarakat, Ditjen Kesehatan Masyarakat tahun 2016, Direktur Bina Gizi, Ditjen Bina Gizi dan KIA tahun 2013, dan Kepala Bidang Kerjasama Kesehatan Regional, Pusat Kerjasama Luar Negeri, Setjen tahun 2010. Gelar S2 diraihnya dari Bourmounty University. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Direktur Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan

Zubaidah Elvia

Perempuan kelahiran Palembang ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Rivai Abdullah Palembang sejak tahun 2018. Lulusan dokter umum Universitas Sriwijaya dan peraih gelar Magister Manajemen Rumah Sakit dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini dilantik sebagai Direktur Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan pada tanggal 2 September 2022. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia

Diono Susilo Yuskasran.

Pria kelahiran Bogor ini ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan sejak tahun 2022, Kepala Pusat Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan sejak tahun 2019. Dokter gigi dari Universitas Prof. Dr. Moestopo Jakarta dan peraih gelar Master of Public Health dari Universitas di Australia ini dilantik sebagai Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia tanggal 2 September 2022. Penghargaan terakhir yang diterima: Bhakti Karya Husada Tri Windu (24 Tahun).

Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia

Imran Agus Nurali.

Pria kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia tanggal 2 September 2022. Dokter Spesialis I Kedokteran Olah Raga dari Universitas Indonesia ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat sejak tahun 2020. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.