Makkah, 21 Juni 2022
Jemaah Haji menilai layanan kesehatan yang diberikan oleh Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter dan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) sangat baik. Dengan indeks nilai kepuasan sebesar 93,29 untuk Pelayanan Kesehatan TKH dan 91,15 untuk pelayanan kesehatan di KKHI.
Penilaian ini merupakan penilaian sementara berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim Surveilans kesehatan PPIH Arab Saudi kepada 380 Jemaah yang mendapatkan layanan kesehatan baik di kloter dan KKHI. Survei terus berlangsung hingga akhir masa operasional haji di Arab Saudi.
Ketua tim surveilans, Prof. Dr. Rustika, SKM, MSi mengatakan bahwa survei dilakukan dalam rangka menjaga mutu dan kualitas pelayanan kesehatan mulai dari kloter hingga KKHI tetap terjaga atau bahkan ditingkatkan.
“Aktivitas ini penting, sebagai bentuk evaluasi dalam perbaikan layanan kesehatan selama musim haji ke depannya” tegas Prof Rustika
Variabel yang dilakukan pengkajian adalah kualitas layanan kesehatan jemaah haji di Arab Saudi, mulai dari aspek persyaratan layanan, prosedur layanan, waktu layanan, biaya layanan, produk spesifikasi jenis layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, serta penanganan pengaduan, saran dan masukan.
Indeks kepuasan dihitung berdasarkan Permenpan Nomor 14 tahun 2017 yang kemudian diterjemahkan ke dalam kategori mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan.
“Beberapa saran sementara yang kami terima dan harus ditindaklanjuti adalah dilakukannya pemantauan secara berkala terhadap kesehatan jemaah terutama dalam menghadapi armuzna.” Tambah prof Rustika
Selain itu juga ada masukan terhadap sosialisasi posko layanaan kesehatan serta kontak pengaduan, tutup Prof Rustika
Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (NI)
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik
drg. Widyawati, MKM