Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Menteri Kesehatan Ajak Mitra Berkontribusi Bersama Cegah Stunting

1,284

Mencegah stunting adalah hal yang penting untuk mewujudkan generasi emas Indonesia di tahun-tahun mendatang. Meskipun tren stunting terus turun namun perlu percepatan hingga 3x lipat demi mencapai target stunting ke 14% di 2024.

Sebagai salah satu upaya percepatan tersebut, pada Jumat (9/9) Kementerian Kesehatan RI melaksanakan “Launching Gerakan Cegah Stunting Bersama Mitra”. Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya mengajak seluruh Mitra Kementerian Kesehatan RI untuk menjadi bagian dari perubahan untuk generasi bangsa yang lebih sehat. Beliau menyampaikan bahwa gerakan ini perlu dilakukan karena Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dan stunting bukan hanya masalah kesehatan tapi banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti ekonomi, budaya, maupun linkungan. Dukungan dan bantuan berbagai pihak termasuk Mitra tentu sangat dibutuhkan untuk menjangkau gap yang ada dalam upaya intervensi pencegahan stunting. Sehingga bersama kita bisa menyentuh sasaran yang lebih luas dan lebih banyak untuk mempercepat angka penurunan stunting di Indonesia.

Untuk itu Kementerian Kesehatan RI sudah memiliki paket-paket program/kegiatan yang dapat dipilih oleh Mitra dengan menyesuaikan karakteristik masing-masing Mitra untuk dilaksanakan secara independen. Nantinya gerakan yang dilaksanakan akan didukung pemantauan dan pelaporannnya kembali ke Kementerian Kesehatan. Tidak lupa, gerakan-gerakan yang dilakukan tersebut juga butuh amplifikasi melalui berbagai promosi agar lebih banyak orang yang aware akan masalah stunting.

Bersama-sama, gerakan ini akan menolong 12,1 Juta Remaja Putri, 4,9 Juta Ibu Hamil, dan 22 Juta Balita.(ma)

Artikel Sebelumnya
Turunkan Angka Kematian Ibu dan Anak, Buku KIA Wajib Dimiliki Keluarga
Artikel Selanjutnya
Presiden Jokowi Apresiasi Ketersediaan Dokter Spesialis RSUD Sibuhuan Padang Lawas

RILIS KEMENTERIAN KESEHATAN


KALENDER KEGIATAN

Ikuti Kami:

© Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2024